RSS

PROFIL KOTA CILEGON

Kota cilegon adalah sebuah kota di profinsi banten, indonesia. Cilegon berada di ujung barat laut pulau jawa, di tepi selat sunda.Kota Cilegon di kenal sebagai kota industri. Sebutan lain bagi Kota Cilegon adalah Kota Baja, mengingat kota ini merupakan penghasil baja terbesar di Asia Tenggara karena sekitar 6 juta ton baja di hasilkan tiap tahunnya di Kawasan Industri Krakatau Steel, Cilegon. Di Kota Cilegon juga terdapat berbagai macam objek vital negara lain antara lain Pelabuhan Merak, Pelabuhan Cigading, Habeam Centre, Kawasan Industri Krakatau Steel, PLTU Suralaya , PLTU Krakatau Daya Listrik, Krakatau Tirta Industri Water Treatment Plent, (Rencana Lot) Pembangunan Jembatan Selat Sunda dan (Rencana Lot) Kawasan Industri Berikat Selat Sunda.

Letak Geografis Kota Cilegon

Bedasarkan Letak Geografisnya, Kota Cilegon berada dibagian paling ujung sebelah Barat Pulau Jawa dan terletak pada posisi :  5°52'24" - 6°04'07" Lintang Selatan (LS), 105°54'05" - 106°05'11" Bujur Timur (BT). Secara administratif wilayah berdasarkan UU No.15 Tahun 1999 tentang terbentuknya Kotamadya Daerah Tingkat II Depok dan Kotamadya Daerah Tingkat II Cilegon pada tanggal 27 April 1999, Kota Cilegon mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut:·         Sebelah Utara: berbatasan dengan Kecamatan Bojonegara (Kabupaten Serang)
· Sebelah Barat: berbatasan dengan Selat Sunda
·Seblah Selatan: berbatasan dengan Kecamatan Anyer dan Kecamatan Mancak (Kabupaten Serang)
·Sebelah Timur: berbatasan dengan Kecamatan Kramatwatu tepat di wilayah serdang (Kabupaten Serang)

Cilegon memiliki wilayah yang relatif landai di daerah tengah dan pesisir barat hingga timur kota, tetapi di wilayah utara cilegon topografi menjadi berlereng karena berbatasan langsung gunung batur, sedangkan di wilayah selatan topografi menjadi sedikit berbukit-bukit terutama wilayah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Mancak.Kota ini memiliki wilayah strategis yang berhubungan langsung dengan selat sunda, dan terhubung dengan jalan tol Jakarta - Merak. Selain itu rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda yang nantinya akan terkoneksi dengan jalan lingkar selatan Kota Cilegon menambah tingkat konektivitas Kota ini dengan daerah lain di sekitarnya.


Iklim di Kota Cilegon

Kota Cilegon mempunyai iklim tropis dengan suhu rata-rata 22 °C-33 °Ccurah hujan maksimum terjadi pada bulan Desember-Februari dan minimum pada bulan Juli-September. Menurut klasifikasi iklim Koppen, pada awalnya iklim di Kota Cilegon termasuk dalam Iklim Hutan Basah Tropis tetapi semakin dengan pesatnya perkembangan Kota Cilegon jumlah tutupan Hijau di Kota ini menjadi sangat berkurang sehingga merubah jenis tutupan permukaan di wilayah Kota Cilegon.


Pusat Perbelanjaan

Di Kota Cilegon terdapat berbagai macam pusat perbelanjaan seperti Cilegon Supermall  (Mayofield Mall Cilegon), Super Indo, Hypermart, Ramayana Mall & Robinson Supermarket, Edi Toserba, Cilegon Plaza Mandiri (Foodhall), Giant Hypermarket, dan Krakatau Junction.


Tempat Ibadah

Di Kota Cilegon terdapat berbagai macam masjid dengan berbagai bentuk dan ukuran. Masjid yang paling terkenal adalah Masjid Agung Cilegon atau Masjid Agung Nurul Ikhlas, masjid ini memiliki ketinggian lebih dari 40 meter pada ke empat minaretnya. Masjid lain yang cukup terkenal adalah Masjid Sumpah, dan Masjid Asy-Syuhada.


Fasilitas Olahraga

Fasilitas Olahraga yang terdapat di Kota Cilegon antara lain Stadion Krakatau Steel, Stadion Sumampir, Kolam Renang Krakatau Country Club (Olympic Size), Cilegon Waterpark, Lapangan Serbaguna Bapor, Padang Golf Krakatau Country Club, Krakatau Bike Park, Trek MTB, Krakatau Sailing Club, dan Krakatau Junction Infinite Jogging Track.


Taman Kota

Taman Kota di Cilegon masih sangat terbatas dan hanya berupa tutupan hijau yang merupakan bagian dari komplek gedung pemerintahan. Taman Kota yang berfungsi sekaligus sebagai fasilitas olahraga adalah Krakatau Junction Infinite Jogging Track yang merupakan tutupan hijau luas di tengah Kota Cilegon.


Pendidikan 

Pemerintah Kota Cilegon menyediakan sarana pendidikan dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi Kualitas dari pendidikan pun juga sangat bervariasi dari gedung mewah ber-AC sampai yang sederhana. Di Kota Cilegon banyak terdapat fasilitas pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi.


Daftar Sekolah Menengah Atas ternama di Kota Cilegon:

1.   SMA Negeri 1 Cilegon
2.   SMA Negeri 2 Cilegon
3.   SMA Negeri 2 Krakatau Steel Cilegon
4.   SMA Negeri 3 Cilegon
5.   SMA Negeri 4 Cilegon
6.   SMA Negeri 5 Cilegon
7.   SHS Cilegon International Sch. Bonakarta
8.   SHS Singapore International
9.   SMK Negeri 1 Cilegon
10.  SMK Negeri 2 Cilegon
11.  SMK Negeri 3 Cilegon
12.SMK Negeri 4 Cilegon
13.SMK YPWKS Cilegon
14.SMK YP Fatahillah 1 Cilegon
15.SMK YP Fatahillah 2 Cilegon
16.SMK Al-Islah Cilegon17.SMK Yabhinka Cilegon
18.SMK Al-Khairiyah As-Syuhada Cilegon
19.SMK Al-A'raaf Cilegon
20.SMK Bina Bangsa Cilegon
21.SMK Madinatul Hadid KS Cilegon
22.SMAIT Raudhatul Jannah


Selain itu terdapat sekolah menengah pertama, diantaranya:
1.   SMP Negeri 1 Kota Cilegon
2.   SMP Negeri 2 Kota Cilegon
3.   SMP Negeri 3 Kota Cilegon
4.   SMP Negeri 4 Kota Cilegon
5.   SMP Negeri 5 Kota Cilegon
6.   SMP Negeri 6 Kota Cilegon
7.   SMP Negeri 7 Kota Cilegon
8.   SMP Negeri 8 Kota Cilegon
9.   SMP Negeri 9 Kota Cilegon
10.SMP Negeri 10 Kota Cilegon
11.SMP Negeri 11 Kota Cilegon
12.JHS Cilegon International Sch. Bonakarta
13.JHS Singapore International
14.SMP IT Raudhatul Jannah
15. SMP Mardi Yuana Cilegon
16.SMP Al-Azhar Syifa Budi YPWKS Cilegon
17.SMP YPKS Cilegon
18.SMP Madani


Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi cilegon :
1.   Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Fakultas Teknik)
2.   Sekolah Tinggi Analis Kimia (STAK)
3.   Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Khairiyah
4.   Sekolah Tinggi Teknologi Fatahillah
5.   Politeknik Krakatau
6.   Sekolah Tinggi Teknik Ilmu Komputer Insan Unggul
7.   Universitas Terbuka Kota Cilegon
8.   PPPTIK AMC//CMA Bersinergi Dengan FT-Untirta

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar